ibadah / a bid'ah (?)

by 06.00 2 komentar
Ada sedikit keraguan ketika aku harus menuliskan keraguan kedalam tulisan ini.
Bukan, bukan karena aku ragu pada Dzat Yang Maha Agung, Allah SWT.
Aku percaya sepenuhnya pada Islam, tak ada sedikitpun keraguanku pada agama yang dibawa oleh junjungan kita, Nabi Muhammad Saw.
Yang aku ragukan adalah banyaknya ritual-ritual ibadah yang semakin mengaburkan mana yang benar-benar di contohkan oleh Rasul, mana yang merupakan ibadah yang dibuat-buat.
Aku juga masih awam, pengetahuanku akan agama mungkin belum sebanyak orang-orang yang menggembar-gemborkan berbagai macam ritual ibadah yang entah-bid'ah-atau-bukan.
Tapi perasaan kurang pas, sering kurasakan. Sampai kucari tahu, bertanya-tanya. Ada yang berpendapat beberapa ibadah memang benar-benar dibuat-buat, bahkan hanya merujuk pada Hadist dhoif (palsu), atau malah hanya tradisi turun temurun, tapi kebanyakan orang menjawab, "tergantung niat, kalau niatnya baik, insya Allah baik," jawaban itu justru membuatku semakin bingung, bukankah sudah ditegaskan jika umat Islam melakukan ritual ibadah diluar hal-hal yang di contohkan oleh Rasul itu sudah jelas dosa (?)

Entahlah, tulisan ini tak bermaksud menyindir siapapun juga. Aku hanya ingin menuliskan apa yang aku rasakan tentang keraguanku. Wallahualam.

Oriza utami

Love it. Live it

Freelance Writer

2 komentar:

  1. "...bukankah sudah ditegaskan jika umat Islam melakukan ritual ibadah diluar hal-hal yang di contohkan oleh Rasul itu sudah jelas dosa (?)"

    bisa diperjelas lagi kah kalimat ini?
    oya, kalo ngga salah mengutip dulu dikasih tau sekilas sebenernya bid'ah juga ada penggolongannya. ada yang baik atau diperbolehkan, ada yang tegas dilarang.
    contohnya aja pergi haji, kan zaman dulu belum ada tuh pergi haji naik pesawat.. atau kompas dan sebagainya. tapi memang benar kita harus tau dasar yang kita lakukan dalam beragama. aturan sendiri udah lengkap kok, Al-Qur'an dan sunnah, serta fatwa majelis ulama. majelis ya, bukan pendapat satu-dua orang ulama saja.
    selamat beribadah :D
    wallahualam.

    BalasHapus
  2. Terimakasih yaa. Iyaa maaf sebelumnya nggak dikasih tau dulu. Tapi saya juga mau tau anda siapa yaa hehe kalau komentar begini mending dikasih nama jangan anonim biar enak diskusinya :))

    BalasHapus